Cara Membuat Kue Kering Nastar

By
cara membuat kue kering nastar
Cara Membuat Kue Kering Nastar 
Resep Kue Nastar
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kue Kering Nastar :
400 gr mentega tawar atau margarine (bisa juga mencampurkan 70% margarine dan 30% mentega)
5 btr kuning telur
100 gr gula halus
2 sdm susu bubuk
500 gr terigu protein rendah
2 sdm maizena
2 butir kuning telur untuk olesan

Bahan Selai Nanas Kue Nastar :
1 buah nanas, kupas, bersihkan dan parut
150gr gula pasir
10 cm kayu manis
5 buah bunga cengkeh

Cara Membuat Kue Kering Nastar

Selai Nanas :
Masukkan nanas parut ke dalam wajan bersama seluruh bahan selai. Masak dengan api kecil.
Aduk dengan spatula kayu sampai tidak berair.
Angkat dan dinginkan.
Setelah dingin, ambil sedikit adonan dan bulatkan seukuran kelereng.

Nastar :
Kocok gula halus dan margarine dengan kecepatan rendah sampai rata
Masukkan kuning telur, terigu, dan maizena. Kocok lagi hingga rata.
Segera matikan mixer jika adonan mulai berbulir.
Diamkan adonan sebentar.
Panaskan oven di suhu 180
Mulai mencetak nastar dengan cara ambil sedikit adonan nastar, pipihkan, masukkan selai nanas, kemudian tutup sampai selai nanas tidak terlihat.
Atur di loyang dengan jarak 1 cm tiap nastar.
Panggang selama 20 menit, keluarkan dari dalam oven
Oles dengan bahan olesan, kemudian panggang lagi selama 10 menit.
Keluarkan dari oven dan dinginkan.

Tips Tambahan Kue Nastar :
Untuk membuat kue nastar, kamu dapat membeli selai nanas siap pakai di Toko Bahan Kue. Namun yang perlu di ingat, selai nanas yang digunakan untuk membuat nastar dan untuk dioles ke roti itu berbeda.Selai untuk nastar lebih kesat dan padat.
Bila selai siap pakai yang kita beli ternyata masih terlalu lembek, kita bisa mengolah ulang dengan cara memasukkan selai tersebut ke dalam wajan dan kita masak sampai airnya habis.

Jangan pernah menggunakan 100% mentega untuk membuat adonan kue nastar karena bisa dipastikan hasil nastar buatan kita akan sangat rapuh.
Kadang ukuran nastar yang kita buat tidak sama, dan untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan cara menggilas adonan nastar dengan menggunakan rolling pin dengan batasan tinggi menggunakan penggaris atau majalah yang kita letakkan di sisi kanan dan kiri adonan. Kemudian kita cetak adonan yang telah digilas tersebut menggunakan cookie cutter bulat yang ukurannya sesuai dengan selera kita. Cara ini selain membuat hasil kue nastar kita seragam juga mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita dalam membuat kue nastar.
Kenapa kita memoles permukaan nastar setelah nastar kita oven-kan selama 20 menit? Tujuannya adalah untuk menghindari permukaan nastar yang gosong dan pecah.
Untuk hasil polesan yang mengkilap dan cantik, kita bisa menambahkan 2 sdm madu ke dalam adonan olesan kue nastar. Bila perlu, berikan polesan sebanyak 2x sehingga hasil polesannya lebih cantik.
Jangan kocok adonan dengan mixer terlalu lama, karena akan mengakibatkan nastar yang kita buat menjadi keras. Sebenarnya bisa saja membuat kue kering tanpa mixer. Cukup menggunakan spatula kayu, pisau pastry, maupun ballon whisk.
Tunggu kue nastar sampai kering benar sebelum dimasukkan ke dalam toples atau kemasan untuk menghindari kue nastar melempem.
Karena isian nastar berupa selai, membuat nastar menjadi cepat berjamur. Oleh karena itu, pastikan selai yang digunakan benar-benar kering dan tidak mengandung air. Selain itu, buatlah nastar maksimal 2 bln sebelum dikonsumsi.
Demikian cara membuat kue kering nastar, semoga berguna dan selamat mencoba.