Resep Kue Cucur Gula Merah Yang Enak Dan Lezat

Resep Kue Cucur Gula Merah Yang Enak Dan Lezat. Kue tradisional memang mempunyai rasa yang selalu ngangenin. Salah satunya adalah kue cucur. Kue cucur merupakan salah satu kue tradisional yang banyak ditemui di acara-acara pernikahan atau acara adat di jawa lainnya. Rasanya manis dan kenyal membuat cita rasa kue ini tidak ada tandingannya. Cara membuat kue cucur gula merah ini memang susah-susah gampang. Untuk yang pemula mungkin akan sedikit kesulitan dalam membuat kue tradisional ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue ini sangat mudah didapatkan. Mari langsung saja kita membuat resep kue cucur gula merah yang enak dan lezat.


Resep Kue Cucur Gula Merah

Bahan Untuk Membuat Resep Kue Cucur Gula Merah

  • 60 gram tepung terigu yang mempunyai protein sedang
  • 250 gram tepung beras
  • 4 lembar daun pandan
  • 250 gram gula merah
  • 500 ml air bersih
  • ½ sendok teh garam

Langkah-Langkah Untuk Membuat Kue Cucur Gula Merah


  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika membuat resep kue cucur gula merah adalah mendidihkan 500 ml air bersih, kemudian tambahkan gula merah dan daun pandan. Biarkan gula merah meleleh didalam air dan tercampur rata dengan air yang mendidih. Jangan lupa untuk mengaduknya.
  2. Jika sudah tercampur dengan rata, saring air didihan gula dengan daun pandan dan didiamkan sebentar sampai air larutan gula sudah tidak panas lagi.
  3. Langkah selanjutnya campur tepung terigu, tepung beras, dan garam menjadi satu sampai tercampur rata. Kemudian tambahkan larutan air gula merah sedikit demi sedikit,sambil adonan di ulenin sampai merata.
  4. Setelah adonan sudah mulai pulen, pukul-pukul adonan kurang lebih selama 30 menit sambil tetap di beri larutan gula merah sedikit demi sedikit.
  5. Setelah tercampur dengan sempurna dan adonan benar-benar pulem, diamkan adonan kurang lebih selama 45 menit sampai benar-benar mengembang.
  6. Sambil menunggu adonan, siapkan cetakan untuk membuat kue cucur dan olesi dengan minyak goreng supaya adonan nantinya tidak lengket.
  7. Panaskan minyak goreng di atas cetakan kue cucur, masukan adonan sedikit demi sedikit. Selanjutnya siram dengan minyak panas sampai adonan menjadi mengembang dan juga berserat.
  8. Balik kue cucur dengan menggunakan tusuk gigi, supaya matang dengan sempurna.
Kue cucur gula merah anda sudah siap untuk dihidangkan. Kue cucur yang benar adalah yang bagian tepinya mengembang dan bagian tengahnya seperti ada seratnya. Jika kue cucur yang anda buat tidak seperti itu berarti kue cucur anda belum benar. Inilah salah satu tantangan ketika membuat kue cucur. Untuk membuat kue cucur yang benar adalah pada saat menguleni adonan dan pada saat mengorengnya. Kue cucur ini biasanya di acara pernikahan dan acara-acara adat orang jawa. Ini menjadi salah satu makanan utamanya. Sekian resep kue cucur gula merah yang enak dan gurih. Selamat mencoba.

Artikel Terkait